MTF Mading Teknik Fisika
Toggle navigation
  • User Image
    • User Image

    • Akun
      Jadwal Sidang/Seminar
    • Dashboard
      Keluar
User Image

  • MAHASISWA
  • Dashboard
  • Tugas Akhir
    • Jadwal Sidang/Seminar
    • Pengajuan Sidang/Seminar
  • Monitoring
    • EPRT dan TAK
  • TA Capstone Design (CD)
    • List Topik CD
    • Topik CD Saya
  • Topik Tugas Akhir
    • Daftar Topik
  • PKM
    • Pengajuan PKM
    • List Pengajuan PKM
  • Kelas
    • Kelas Saya
  • Pengaturan Akun

Topik Capstone Design


Nama Dosen Koordinator : suwandi suwandi
NIP : 94640032
Kelompok Keahlian : Material, Lingkungan, dan Konversi Energi
Jumlah Tim yang Dibutuhkan : 0 Tanda Tangan
Dosen / Praktisi #1 :
Dosen / Praktisi #2 :
Dosen / Praktisi #3 :
Judul / Topik yang Ditawarkan : Aplikasi gas hidrogen hasil elektrolisis pada motor bakar (genset, kendaraan bermotor)
Sumber Dana : Dana penelitian Tel-U, pribadi
Ditawarkan pada sem. / thn. ajaran : Semester 1 2024/2025
Jumlah mahasiswa : 3 dari kuota: 3
Urutan mahasiswa Nama NIM
Mahasiswa #1 : Ananda Putri Indira Basundari 1104210074
Mahasiswa #2 : Ni Kadek Noviza Trisna Dwita 1104213007
Mahasiswa #3 : Nendang Haura T R A 1004213032
Mahasiswa #4 :
Mahasiswa #5 :
Deskripsi Singkat Topik yang Ditawarkan:

Hidrogen merupakan gas yang paling ringan dan berlimpah, dalam bentuk H2O, gas hidrogen memiliki nilai kalor sekitar 120 MJ/kg. Saat ini sudah banyak alat untuk menghasilkan gas hidrogen melalui elektrolisis dengan sel basah maupun kering. Akan tetapi gas hidrogen yang dihasilkan belumlah stabil, arus dan katalis yang digunakan masih berubah-ubah besarnya. 

Saat ini gas hidrogen telah diaplikasikan untuk menjalankan motor bakar secara hybrid (gas hidrogen dan bahan bakar minyak/gas LPG). Tujuan penggunaan gas untuk mengurangi jumlah BBM tanpa menurunkan kinerja motor bakar. Beberapa persoalan yang ingin diteliti adalah

1. Pengaruh besar arus di generator hidrogen terhadap jumlah BBM dengan RPM konstan

2. Pengaruh besar arus di generator hidrogen terhadap RPM

3. Pengaruh RPM terhadap konsumsi BBM Genset dimana input generator hidrogen dari output genset.

4. Perbedaan efisiensi pada genset solar dan genset bensin akibat penggunaan gas hidrogen

Latar Belakang Permasalahan:
Konsep:

Keterampilan / Skill yang Dibutuhkan:

1. Metoda elektrolisis air

2. Pengetahuan berbagai metode menghasilkan hidrogen dari air

Sifat:
  • Penyelesaian permasalahan memerlukan pengetahuan keteknikan yang mendalam.
Version 1.0.0
Copyright © MFT 2020. All rights reserved.