Topik Capstone Design
Nama Dosen Koordinator | : suwandi suwandi | ||
---|---|---|---|
NIP | : 94640032 | ||
Kelompok Keahlian | : Material, Lingkungan, dan Konversi Energi | ||
Jumlah Tim yang Dibutuhkan | : 0 | Tanda Tangan | |
Dosen / Praktisi #1 | : | ||
Dosen / Praktisi #2 | : | ||
Dosen / Praktisi #3 | : | ||
Judul / Topik yang Ditawarkan | : Aplikasi gas hidrogen hasil elektrolisis pada motor bakar (genset, kendaraan bermotor) | ||
Sumber Dana | : Dana penelitian Tel-U, pribadi | ||
Ditawarkan pada sem. / thn. ajaran | : Semester 1 2024/2025 | ||
Jumlah mahasiswa | : 3 dari kuota: 3 | ||
Urutan mahasiswa | Nama | NIM | |
Mahasiswa #1 | : Ananda Putri Indira Basundari | 1104210074 | |
Mahasiswa #2 | : Ni Kadek Noviza Trisna Dwita | 1104213007 | |
Mahasiswa #3 | : Nendang Haura T R A | 1004213032 | |
Mahasiswa #4 | : | ||
Mahasiswa #5 | : | ||
Deskripsi Singkat Topik yang Ditawarkan: Hidrogen merupakan gas yang paling ringan dan berlimpah, dalam bentuk H2O, gas hidrogen memiliki nilai kalor sekitar 120 MJ/kg. Saat ini sudah banyak alat untuk menghasilkan gas hidrogen melalui elektrolisis dengan sel basah maupun kering. Akan tetapi gas hidrogen yang dihasilkan belumlah stabil, arus dan katalis yang digunakan masih berubah-ubah besarnya. Saat ini gas hidrogen telah diaplikasikan untuk menjalankan motor bakar secara hybrid (gas hidrogen dan bahan bakar minyak/gas LPG). Tujuan penggunaan gas untuk mengurangi jumlah BBM tanpa menurunkan kinerja motor bakar. Beberapa persoalan yang ingin diteliti adalah 1. Pengaruh besar arus di generator hidrogen terhadap jumlah BBM dengan RPM konstan 2. Pengaruh besar arus di generator hidrogen terhadap RPM 3. Pengaruh RPM terhadap konsumsi BBM Genset dimana input generator hidrogen dari output genset. 4. Perbedaan efisiensi pada genset solar dan genset bensin akibat penggunaan gas hidrogen |
|||
Latar Belakang Permasalahan: |
|||
Konsep: |
|||
Keterampilan / Skill yang Dibutuhkan: 1. Metoda elektrolisis air 2. Pengetahuan berbagai metode menghasilkan hidrogen dari air |
|||
Sifat:
|